Teleskop Luar Angkasa James Webb akan Diluncurkan pada 24 Desember

Teleskop Luar Angkasa James Webb akan Diluncurkan pada 24 Desember

Teleskop Luar Angkasa James Webb diperkirakan akan diluncurkan di dalam sepekan, pada 24 Desember pukul 07.20 EST ( pukul 12.20 GMT atau pukul 09.20 selagi setempat di Guyana Prancis). Teleskop sudah dikemas di di dalam kerucut hidung roket Ariane 5-nya untuk perjalanan Berita teknologi .

“Kemarin larut, tim di lokasi peluncuran berhasil menyelesaikan enkapsulasi observatorium di di dalam roket Ariane 5 yang akan meluncurkannya ke luar angkasa,” tulis pejabat NASA di dalam pembaruan Sabtu (18/12), dilansir berasal dari Space, Ahad (19/12).

Berita itu terlihat ketika NASA dan Arianespace, pembuat Ariane 5, bekerja melakukan perbaikan persoalan kabel data yang menunda misi berasal dari tujuan peluncuran 22 Desember.

Tinjauan kesiapan peluncuran paling akhir akan diselenggarakan Selasa (21/12) untuk memastikan teleskop luar angkasa Webb siap diluncurkan. Jika demikian, roket Ariane 5 akan diluncurkan ke landasan peluncuran di Pusat Antariksa Guyana di Kourou, Guyana, Prancis pada Rabu (22/12).

Pejabat agensi membingkai Webb sebagai penerus Teleskop Luar Angkasa Hubble. Ilmu pengetahuan topline Hubble juga menunjukkan alam semesta mempercepat di dalam perluasannya, menemukan bulan-bulan baru di lebih kurang Pluto, dan membantu membangu peta materi gelap 3-D.

Dengan 9,8 miliar dolar Amerika Serikat (AS), Webb siap untuk menyita alih tongkat estafet sehabis bertahun-tahun penundaan perkembangan, para ilmuwan meminta teleskop akan mendorong lebih jauh ke masa lalu. Teleskop akan melakukan perjalanan ke tempat terpencil lebih kurang 1 juta mil (1,6 juta kilometer) berasal dari Bumi yang dikenal sebagai titik Lagrange tempat yang stabil secara gravitasi di antara dua benda langit.

Di sana, jauh berasal dari masalah cahaya berasal dari Bumi, Webb akan mengalihkan perhatiannya ke alam semesta awal, ke atmosfer exoplanet dan pengetahuan pengetahuan lainnya memanfaatkan teleskop lipat dengan lebar hampir 22 kaki (2,6 meter), lebih kurang tiga kali bukaan berasal dari masa 1990-an. Hubble (delapan kaki atau 2,4 meter). Dengan lebih banyak bukaan yang tersedia, Webb akan menghimpun lebih banyak cahaya dan lebih banyak cermat pada tujuan astronomis.

Webb sudah mengatasi banyak tantangan teknis, inflasi anggaran, dan ancaman pembatalan atas pengembangannya yang kompleks-termasuk rilis tak terduga berasal dari clam band yang mendorong peluncuran lebih dari satu hari lagi.

The Atlantic mencatat area lingkup proyek asli yang meminta Webb untuk terbang pada 2007 dengan anggaran 500 juta dolar AS (sekitar 667 juta dolar pada 2021), tapi kemajuan teknologi dan susah yang tak terduga berkontribusi pada penundaan. (Pandemi juga merusak jadwal di th. 2020.).

Ini bermakna lintasan anggaran Web juga ikuti jejak Hubble, yang meluncurkan anggaran berlebih dan lebih lambat berasal dari yang diharapkan. Hubble juga kondang dikarenakan secara tidak sengaja pergi ke luar angkasa dengan cermin yang cacat, yang mengharuskan awak astronot untuk memperbaikinya. Webb akan sangat jauh untuk bantuan seperti itu, tapi NASA menyatakan kontraktor utama Northrop Grumman menguji semua sistem secara menyeluruh sebelum saat peluncuran.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *